Agustus 18, 2010

SERI RAMADHAN HARI KE 2 'MENAHAN MARAH"

Doa Hari ke 2
Ya Allah, dekatkanlah aku pada ridha-Mu dan jauhkanlah aku dari murka-Mu dan marah-Mu, dan berilah aku petunjuk untuk membaca ayat-ayat-Mu, dengan rahmat-Mu,wahai Yang Maha Pengasih.

∞∞∞∞∞RENUNGAN HARI KE DUA : MENAHAN MARAH

Dalam sebuah hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah Ra, menceritakan bahwa Nabi saw melarang umatnya untuk mengeluarkan amarah atau menumpahkan amarah. Artinya seorang muslim harus mengendalikan dirinya saat marah hendak meledak.Terlebih-lebih di bulan Ramadhan ini, meski di bulan lain juga tetap menahan marah dan jangan mudah marah. Karena akan menjatuhkan muru’ah (harga diri) di mata manusia, terlebih di mata ALLAH. Selain itu kemarahan juga merupakan pintu masuk setan.

Ada beberapa kiat untuk menahan arah :

• Berlindung kepada ALLAH dari godaan syetan

• Segera berwudhu

• Mengubah posisi : “Bila seorang diantara kalian marah dan dia sedang berdiri, maka hendaklah duduk, maka hilanglah amarah dari padanya. Atau kalau tidak, maka berbaringlah”

• Berzikir

• Mengalah :Mengalah bukan berarti kalah. Bahkan seringkali orang yang mau mengalah dalam perselisihan atau pertengkaran, itulah yang akhirnya menang

• Hindari perdebatan yang tidak perlu

• Mensucikan hati : Sebagai kunci untuk menghindari marah sebenarnya adalah kesucian hati. Untuk itu setiap muslim hendaknya selalu membersihkan hatinya dari berbagai penyakit hati dan jiwa yang dapat menodai kesucian hatinya.

Marah adalah suatu aspek emosional yang dimiliki setiap manusia yang merupakan reaksi atas hal-hal yang tidak sesuai keinginannya, bahkan ada yang sampai merasakan disakiti hatinya.

Setiap individu mengekspresikan marahnya bermacam-macam :

ada type orang yang meledak-ledak, ada type orang yang membanting barang disekitarnya, ada type orang yang menyakiti/memukul dirinya sendiri, tapi ada yang hanya dipendam dalam hati mungkin dia takut untuk mengeluarkan emosinya atau dia memang berbesar hati untuk tidak memperpanjang suatu masalah.

Diluar itu semua akan lebih bijak dan baik apabila kita dapat mengendalikan amarah….

12 Agustus 2010

Love you All Cause of Allah

Nasihat ini Juga untuk diri saya pribadi, juga keluarga saya, Semoga Allah selalu membimbing kita dengan cahayaNya Amiin Ya Allah Ya Nuur...

Tidak ada komentar: