Agustus 18, 2010

SERI RAMADHAN HARI KE 6 "IRI DAN DENGKI"

Doa Hari ke 6

Ya Allah, jangan Kau siksa aku karena berbuat maksiat pada-Mu,

dan jangan kau hukum aku dengan cambuk murka-Mu,

dan jangan kau guncangkan aku karena

keharusan menerima amarah-Mu,

demi karunia dan anugerah-Mu,

wahai Puncak Harapan orang-orang yang berharap

Sifat iri adalah sifat yang tidak senang akan rejeki/nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Biasanya sifat iri ini bergandengan dengan sifat dengki, yaitu sikap tidak senang atas kebahagian orang lain dan berusaha untuk menghilangkan kebahagian orang itu dengan cara apapun. Iri dan dengki sifat yang sangat membahayakan, dan hampir setiap orang tidak suka berdekatan dengan orang yang memiliki sifat tersebut.

Untuk menjaga stabilitas hati, kesehatan jiwa, dan mentalitas maka menjauhi sifat iri & dengki merupakan tindakan preventif yang sangat tepat. Sifat ini merupakan salah satu penyakit jiwa yang ada di dalam hati manusia, sikap dan sifat iri & dengki akan menumbuhkan kecemasan, kegelisahan, dan sikap-sikap negatif lainnya. Bila tidak bisa diantisipasi dan sifat ini terus diikuti, hingga buruk sangka akan timbul dan akan mengarah kepada kedengkian yang berakibat rusaknya hubungan ukhuwah/persaudaraan.

Sifat Iri yang diperbolehkan :

“Dari Ibnu Umar r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, “Tidak boleh seseorang iri terhadap orang lain kecuali dalam dua hal yaitu seseorang yang diberi pengertian Al Qur’an lalu ia mempergunakannya sebagai pedoman amalnya siang-malam dan seseorang yang diberi oleh Allah kekayaan harta lalu ia membelanjakannya siang-malam untuk segala amal kebaikan “


Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (An Nisaa:32)

Kunci terhindar dari rasa Iri & Dengki adalah Ikhlas sepenuh hati dengan semua apa yang telah Allah berikan kepada kita, baik itu kebaikan maupun cobaan. Bagi orang-orang yang mau berfikir, semua apa yang Allah telah takdirkan kepada hambanya mengandung hikmah yang tiada tara…..

15 Agustus 2010

Love you All Cause of Allah

Nasihatini Juga untuk diri saya pribadi, juga keluarga saya, Semoga Allahselalu membimbing kita dengan cahayaNya Amiin Ya

Tidak ada komentar: